Selasa, 28 September 2010

Penyimpanan benih

Selama ribuan tahun petani di seluruh dunia telah memproduksi dan menyimpan benih mereka sendiri. Disamping memproduksi makanan untuk keluarga mereka, para petani di seluruh dunia menyimpan benih benih dari tanaman mereka yang tersehat dan terbaik kualitasnya. Dengan meniru proses alami di sekitarnya, para penyimpan benih telah membentuk beranekaragam varietas berkwalitas seperti yang masih kita rasakan pada saat ini.

Penyimpanan benih merupakan salah satu cara yang dapat menunjang keberhasilan penyediaan benih, mengingat bahwa kebanyakan jenis pohon hutan tidak berbuah sepanjang tahun sehingga perlu dilakukan penyimpanan yang baik agar dapat menjaga kestabilan benih dari segi kuantitas maupun kualitasnya (Widodo, 1991).

Menurut Schmidt (2000), tujuan utama penyimpanan benih ..................................


Untuk selengkapnya klik link dibawah


.
.
.
.
.
.
keberhasilan penyimpanan benih ortodoks seperti jagung terletak pada pengaturan kadar air dan suhu ruang simpan

DAFTAR PUSTAKA

M. Azrai, Rahmawati, Ramlah Arief dan Sania Saenong. Pengelolaan Benih Jagung. Balai Penelitian Tanaman Serealia, Maros.http://balitsereal.litbang.deptan.go.id/ind/bjagung/sebelas.pdfdiakses pada tanggal 9 Juni 2010.

Hendarto(1996), Kartasapoetra(1986), Schmidt (2000), Sutopo(1988) dalam Hario Polije. 2009. Penyimpanan benih (seed storage).http://hariopolije.blogspot.com/2009/04/hmmm.html.diakses pada tanggal 9 Juni 2010.

Justice and Bass(1979), Schmidt, L(2000), Siregar, S.T(2000), Widodo, W (1991) dalam Yudi Harisman, 2009. Wadah dan Lama Penyimpanan Benih. http://forester-rimbawan.blogspot.com/2009/05/wadah-dan-lama-penyimpanan-benih.html diakses pada tanggal 9 Juni 2010.
Yayasan IDEP, Lembaran Fakta Yayasan Idep Tentang Penyimpanan Benih Dan Perkembangbiakan Tanaman.http://www.idepfoundation.org/indonesia/ download_files/ seed_ saving/Fsheet_seeds_indo.pdf diakses pada tanggal 9 Juni 2010.


.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...