Selasa, 27 Desember 2011

Alelopati pada beberapa tanaman pertanian

ALLELOPATHY adalah produksi substansi (zat ) oleh suatu tanaman yang merugikan tanamaan lain.(Muller,1970) atau bagi mikroba(rice,1974). Eksistensi fenomena ini kemudian di ketahui dengan baik. Meskipun penyebaran dan kepentingnnya tidak jelas. Yang masih tetap tidak jelas adalah mekanisme kerjanya: barangkali rangsangan atau deepresi mikrooraganismelah yang bertanggung jawab sehingga ha ini terjadi (Newman,1977). Rice dan Pancholy(1972) telah menyatakan bahwa sejumlah senyawa yang dihasilkan tanaman dari suatu ekosistem matang(pins-oak) mampu menghambat transformasi bakterial dari amonium menjadi nitrat. Keterangan yang mungkin untuk ini adalah bahwa spesies suksesional akhir cenderung lebih toleran terhadap kondisi asam dan kemudian amonium sebagai sumber N dibandingkan dengan pioner-pioner, sebab pencucian dan pembentukan serasah lazimnya menurunkan pH tanah selama suksesi. Rice dan Poncholy (1973, 74) kemudian mengidentifikasi suatu kisaran yang luas dari Tannin,asam fenolat flavanoid dan coumarin yang secara sempurna menghambat aktivitas Nitrosomonas pada konsentrasi-konsentrasi yang sangat rendah.

Dari seluruh batangnya tanaman mengeluarkan zat kimia yang sangat menakjubkan-gula dan senyawa bau dari bunga, terpenoid dan leachate yang mudah larut dari daun, dan sangat banyak yang berasal dari akar. Rovira (1969) mengumpulkan laporan yaitu 10 gula, 19 asam amino,10 asam organik, 2 flavonon, 3 enzim dan satu nukleotuda dalam eksudat akar.

Untuk selengkapnya download saja di link ini





terima kasih

***********************+__+***********************

.

.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...