Selasa, 27 Desember 2011

kandungan air dalam kondisi kapasitas lapang

Air merupakan substansi yang paling umum diatas diatas bumi dan diperlukan untuk semua kehidupan. Air mempunyai fungsi yang penting dalam tanah antara lain pada proses pelapukan mineral dan bahan organik tanah, yaitu reaksi yang mempersiapkan hara larut bagi pertumbuhan tanaman. Selain itu, air juga berfungsi sebagai media gerak hara ke akar-akar tanaman. Akan tetapi, jika air terlalu banyak tersedia, hara-hara dapat tercuci dari daerah-daerah perakaran atau bila evaporasi tinggi, garam-garam terlarut mungkin terangkat kelapisan tanah atas. Air yang berlebihan juga membatasi pergerakan udara dalam tanah, merintangi akar tanaman memperoleh O2 sehingga dapat mengakibatkan tanaman layu dan nyaris mati.

Air merupakan barang kebutuhan primer bagi masyarakat. Air tidak hanya dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup akan tetapi air juga dibutuhkan oleh hewan dan tanaman untuk melangsungkan kehidupan. Tanpa adanya air maka dimungkinkan tidak ada kehidupan, sehingga sering diungkapkan bahwa air adalah sumber kehidupan. Dengan demikian perlu adanya langkah-langkah pengelolaan air agar didapatkan potensi air yang berkualitas dan dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh makluk hidup yang ada dibumi ini termasuk tanaman.

Dua fungsi yang saling berkaitan dalam penyediaan air bagi tanaman yaitu memperoleh air dalam tanah dan pengaliran air yang disimpan ke akar-akar tanaman. Jumlah air yang diperoleh tanah sebagian bergantung pada kemampuan tanah yang menyerap air cepat dan meneruskan air yang diterima dipermukaan tanah ke bawah. Akan tetapi jumlah ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor luar seperti jumlah curah hujan tahunan dan sebaran hujan sepanjang tahun.

Air yang berada diwilayah jenuh dibawah permukaan tanah disebut air tanah. Secara global dari keseluruhan air tawar yang berada diplanet bumi ini lebih dari 97% terdiri atas air tanah. Tampak bahwa peranan air tanah dibumi adalah penting. Air tanah dapat dijumpai hampir semua tempat dibumi ini. Air tanah dapat ditemukan dibawah gurun pasir sekalipun, demikian juga di bawah tanah yang membeku karena tertutup salju. Sumbangan air tanah berasal dari daerah arid dan semi arid serta daerah lain yang mempunyai formasi geologi paling sesui untuk penampungan air tanah.

Dalam membahas air tanah, ada faktor yang tidak kalah pentingnya dalam mempengaruhi proses terbentuknya air tanah. Faktor tersebut adalah formasi geologi. Formasi geologi adalah formasi batuan atau material lain yang berfungsi menyimpan air tanah dalam jumlah besar. Berdasarkan uraian diatas, maka praktikum status air dalam tanah perlu diadakan untuk mengetahui bagaimana keadaan air dalam tanah dan hubungannya dengan tumbuhan.



Untuk selengkapnya download aja di link ini!



kandungan air dalam kondisi kapasitas lapang.
Atau
kandungan air dalam kondisi kapasitas lapang.




terima kasih


***********************+__+***********************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...