Senin, 26 Desember 2011

Ekologi tanaman wijen, sorgum dan jewawut serta gandum

Iklim

Suhu optimum untuk pertumbuhan sorgum berkisar antara 23° C - 30° C dengan kelembaban relatif 20 - 40 %. Pada daerah-daerah dengan ketinggian 800 m dan permukaan Taut dimana suhunya kurang dari 20° C, pertumbuhan tanaman akan terhambat. Selama pertumbuhan tanaman, curate hujan yang diperlukan adalah berkisar antara 375 - 425 mm.

Tanah.

Sorgum dapat bertoleransi pada kisaran kondisi tanah yang luas. Tanaman ini dapat tumbuh baik pada tanah-tanah berat yang wring kali tergenang. Sorgum juga dapat tumbuh pada tanah-tanah berpasir. la dapat tumbuh pada pH tanah berkisar 5,0 - 5,5 dan lebih bertoleransi terhadap salin (garam) tanah dari pada jagung. Tanaman sorgum dapat berproduksi pada tanah yang terlalu kritis bagi tanaman lainnya

<a href="http://www.ppcindo.com">Iklan</a> 
<br>
Wijen

Persyaratan tumbuh tanaman wijen adalah sebagai berikut :
_ Tumbuh didaerah tropika dan sub tropika antara 35 0 L.U dan 40 0 L.S.
_ Ketinggian antara 1-1.250 meter diatas permukaan laut. Suhu optimal untuk produksi tinggi 25–27 0 C.
_ Curah hujan 400-600 mm. Curah hujan kurang 300 mm atau lebih dari 1.000 mm akan sangat mengganggu pertumbuhan. Idealnya wijen ditanam pada wilayah kering dengan bulan basah maksimal 3 bulan.
_ Jenis tanah berpasir sampai lempung dengan pH tanah optimum pada kisaran 5,5 – 8,0.

Juwawut

Jenis ini dapat ditanam di daerah semi kering dengan curah hujan kurang dari 125 mm dalam 3—4 bulan masa pertumbuhan. Jenis ini tidak tahan terhadap genangan dan rentan terhadap periode musim kering yang lama. Di daerah tropis, tanaman ini dapat tumbuh pada daerah semi kering sampai ketinggian 2000 m. Tanaman ini menyukai lahan subur tetapi dapat tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah dari tanah berpasir hingga tanah liat yang padat, dan bahkan tetap tumbuh pada tanah miskin hara atau tanah pinggiran.



Untuk selengkapnya tentang ekologi wijen, sorgum dan jewawut serta gandum 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...