Rabu, 11 Januari 2012

Batuan dan Mineral

Abstrak

Batuan dan mineral merupakan dua hal yang berkaitan dengan pembentukan tanah. Ketiga hal ini memiliki korelasi yang sangat erat. Berbagai jenis mineral terkandung dalam tanah. Mineral-mineral inilah yang memberi pengaruh terhadap pembentukan tanah.Kesuburan tanah dipengaruhi oleh berbagai jenis mineral yang terdapat dalam tanah yang secara tidak langsung mempengaruhi kesuburan tanaman.

Bumi tersusun atas beberapa lapisan yaitu:
a. Barisfer yaitu lapisan inti bumi yang merupakan bahan padat yang tersusun dari lapisan nife (niccolum=nikel dan ferum besi) jari jari barisfer +- 3.470 km.

b. Lapisan antara yaitu lapisan yang terdapat di atas nife tebal 1700 km. Lapisan ini disebut juga asthenosfer mautle/mautel), merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar. Berat jenisnya 5 gr/cm3.

c. Lithosfer yaitu lapisan paling luar yang terletak di atas lapisan antara dengan ketebalan 1200km berat jenis rata-rata 2,8 gram/cm3.

Lithosfer disebut juga kulit bumi terdiri dua ........   untuk selengkapnya klik link




terima kasih


***********************+__+***********************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...