Rabu, 11 Januari 2012

Porositas Tanah

Porositas atau ruang pori total adalah volume seluruh pori dalam suatu volume tanah utuh yang dinyatakan dalam persen. Porositas total merupakan indikator awal yang paling mudah untuk mengetahui apakah suatu tanah mempunyai struktur baik atau jelek. Pengukuran pororsitas total dilakukan pada kedalaman 0- 25 cm.

Sejumlah pori yang terdapat di dalam tanah merupakan hal yang penting untuk diketahui karena pori merupakan ruang yang ditempati oleh udara dan air. Air dan udara (gas – gas) juga bergerak dalam ruang pori ini. Pori tanah merupakan ruang diantara butiran padat. Pada umumnya pori – pori tanah yang besar berisi udara, kecuali bila tanah seluruhnya tergenang air serta apabila pori – pori tanah kecil akan berisi air kecuali bila tanah sangat kering.

Dominasi fraksi liat akan menyebabkan terbentuknya banyak pori – pori mikro, sehingga luas permukan seutuhnya menjadi sangat luas sehingga daya pegang terhadap air sangat kuat. Kondisi ini menyebabkan air yang masuk ke pori – pori segera terperangkap dan udara sulit masuk. Pada kondisi lapangan, sebagian besar ruang pori terisi air, sehingga pori – pori mikro ini disebut juga pori kapiler.

untuk selengkapnya klik link ini

terima kasih semoga membantu!
.
***********************+__+***********************
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...