Jumat, 02 Desember 2011

C-Organik Tanah -Sebuah Jurnal

Tanah yang mengandung banyak humus atau mengandung banyak bahan organik adalah tanah-tanah lapisan atas atau tanah-tanah top soil. Bahan organik merupakan bahan penting dalam menciptakan kesuburan tanah, baik secara fisik, kimia maupun dari segi biologi tanah. Bahan organik adalah bahan pemantap agregat tanah yang tiada taranya. Sekitar setengah dari kapasitas tukar kation berasal dari bahan organik yang merupakan sumber hara tanaman dan energi dari sebagian besar organisme tanah.

Bahan organik memainkan banyak peranan penting dalam tanah. Karena bahan organik tanah berasal dari dari sisa-sisa tumbuhan, bahan organik tanah pada mulanya mengandung semua hara yang diperlulan untuk tanaman. Bahan organik itu sendiri mempengaruhi struktur tanah dan cenderung untuk menaikkan kondisi fisik yang dikehendakinya. Hewan tanah tergantung pada bahan organik pada bahan organik sebagai makanannya dan menyumbang untuk keadaan fisik yang menguntungkan dengan mencampurkan tanah dan membuat saluran. Tentu saja, banyak hal yang menarik dalam mengelolah bahan organik untuk membuat tanah lebih produktif.

untuk lebih lengkapnya klik link dibawah ini!!!

Terima kasih! Semoga membantu dan mohon koreksi yang konstruktif

***********************+__+***********************
o_o

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...