Rabu, 11 Januari 2012

Struktur Tanah


Struktur tanah ditentukan oleh bagaimana individu tanah butiran rumpun atau mengikat bersama dan agregat, dan karenanya, pengaturan pori tanah antara mereka. struktur tanah memiliki pengaruh besar pada gerakan air dan udara, aktivitas biologis, pertumbuhan akar dan munculnya bibit.

Struktur tanah menggambarkan susunan bagian padat tanah dan ruang pori yang terletak di antara mereka (Marshall & Holmes, 1979).Hal ini tergantung pada: apa yang dikembangkan dari tanah, kondisi lingkungan di mana tanah dibentuk; tanah liat ini, bahan organik ini; dan sejarah baru dari manajemen.

Struktur tanah merupakan sifat fisik tanah yang menggambarkan susunan keruangan partikel-partikel tanah yang bergabung satu dengan yang lain membentuk agregat. Dalam tinjauan morfologi, struktur tanah diartikan sebagai susunan partikel-partikel primer menjadi satu kelompok partikel (cluster) yang disebut agregat, yang dapat dipisah-pisahkan kembali serta mempunyai sifat yang berbeda dari sekumpulan partikel primer yang tidak teragregasi.

untuk selengkapnya klik link ini!

semoga membantu!

***********************+__+***********************
 
 
.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...