Rabu, 11 Januari 2012

Reaksi Tanah

Larutan air adalah air tanah yang mengandung ion – ion terlarut yang merupakan hara tanaman, konsentrasi ion – ion ini sangat beragam tergantung pada jumlah ion yang terlarut serta jumlah bahan yang terlarut.

Kemasaman tanah merupakan salah satu sifat yang penting sebab terdapat hubungan pH dengan ketersediaan unsur hara dan juga terdapat hubungan antara pH dengan proses pembentukan tanah. Kemasaman tanah ditentukan oleh dinamika ion H+ di dalam tanah, ion H+ yang terdapat dalam suspensi tanah dan keseimbangan dengan ion H+ yang terjerap. Akibat dari proses itu maka dikenal dua jenis kemasaman , yaitu kemasaman aktif dan kemasaman potensial. Kemasaman aktif disebabkan oleh ion H+ di dalam larutan tanah sedangkan kemasaman potensial disebabkan oleh ion H+ dan Al3+ yang terjerap pada permukaan kompleks jerapan.

Reaksi tanah yang penting adalah masam netral dan alkalis. Pernyataan ini didasarkan pada jumlah ion H+ dan ion OH- dalam larutan tanah. Bila dalam tanah ditemukan ion H+ lebih banyak dari ion OH- maka disebut reaksi tanah masam. Bila ion H+ sama dengan OH- maka disebut netral. Sedangkan bila OH- lebih banyak dari H+ maka disebut alkalis.

untuk selengkapnya klik link dibawah ini.



semoga membantu!

***********************+__+***********************
 
 
 
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...