Selasa, 12 Oktober 2010

Ekologi Tanaman Kelapa

EKOLOGI TANAMAN KELAPA

Kelapa adalah satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. (Anonim1,2010)

Ekologi Tanaman Kelapa

Tanaman kelapa membutuhkan lingkungan hidup yang sesuai untuk pertumbuhan dan produksinya. Faktor lingkungan itu adalah sinar matahari, temperatur, curah hujan, kelembaban, keadaan tanah dan kecepatan angin. Disamping itu, iklim merupakan faktor penting yang ikut menentukan pertumbuhan kelapa.

1. Tanah

Tanaman kelapa dapat tumbuh pada bagian jenis tanah aluvial, lateril, vulkanis, berpasir, liat dan tanah berbatu. Derajat keasaman (pH) tanah yang terbaik untuk pertumbuhan tanamaan kelapa adalah 6,5-7,5. Namun demikian kelapa masih dapat tumbuh pada tanah yang mempunyai pH 5-8.

2. Iklim

Beberapa faktor iklim yang .............


untuk selengkapnya klik link ini




SUMBER:

Anonim1, 2010. Kelapa .www.wikipedia.org/kelapa. diakses tanggal 20 September 2010.Tautan

Anonim2, 2010. budidaya kelapa (Cocos nucifera L).www.dekindo.com/content/artikel/budidaya_kelapa.pdf. diakses tanggal 20 September 2010.

James A. Duke, 1983. Handbook of energy crops, http://www.hort.purdue.edu/newcrop/duke_energy/cocos_nucifera.htmal. diakses tanggal 20 September 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...