Sabtu, 28 April 2012

Isolasi Starter Pupuk Organik (Mikroorganisme Lokal)

Semakin sulitnya diperoleh pupuk buatan seperti urea mendorong kepada upaya bagaimana cara memenuhi kebutuhan pupuk agar usaha pertanian terutama tanaman pangan tidak mengalami kegagalan yang berkelanjutan. Cara yang dilakukan harus dapat menjamin terbebasnya ketergantungan, baik ketergantungan bahan baku maupun teknologi yang digunakan. Bahan baku yang digunakan harus tersedia melimpah sepanjang waktu, mudah didapat, dan murah harganya. Demikian juga teknologi yang digunakan harus sederhana, mudah dilakukan oleh siapapun yang ingin memproduksi, serta tidak mahal. Satu-satunya alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi problem tersebut adalah menggantikan pupuk buatan dengan pupuk alami yang prosesnya dapat dilakukan secara berkelanjutan. Pupuk alami ini lebih dikenal dengan istilah pupuk organik.


Pembuatan pupuk organik pada dasarnya merupakan proses dekomposisi bahan organik yang dilakukan oleh mikroorganisme pengurai. Pembuatan pupuk organik kompos secara konvensional sudah lama dilakukan dan sudah dikenal baik oleh petani. Namun, masih memerlukan waktu lebih lama, yaitu sekitar 3 bulan. Untuk mempercepat proses pengomposan, saat ini telah dihasilkan berbagai produk starter yang dapat mempercepat pengomposan seperti EM4, BM dan sebagainya yang sudah banyak diedarkan dan mudah didapat di toko-toko tani. Pembuatan starter pada dasarnya dapat dibuat dengan bahan-bahan sisa tanaman (limbah) organik yang dapat digunakan sebagai starter pembuatan kompos atau pupuk organik lainnya.



Bahan yang digunakan adalah limbah rumah tangga, buah-buahan yang sudah lewat matang, air aqua, molases (gula tetes) atau gula pasir atau gula merah atau air nira. Alat yang digunakan adalah pisau dapur, timbangan duduk, blender, alat pengaduk, gelas ukur, kain saring/kasa asbes, ember bertutup ukuran 10 liter, kompor, karet busa, botol aqua, corong, selang plastik putih transparan diameter 2,5 cm, lilin cair/lilin putih, karton untuk penutup, wadah berbentuk botol kemasan, dan label.

 

***********************+__+***********************
 
 
.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...