Sabtu, 07 April 2012

Nikmatnya Wisata Kuliner Sulawesi Selatan

Kebhinnekaan yang menjadi karakteristik dan menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan negara ini. Salah satu aspek tersebut adalah keragaman pangan sebagai koleksi perpustakaan pangan dalam negeri ini . Dari Sumatera hingga Papua menjadi lemari-lemari produk pangan dengan karakteristik tersendiri. Dan mungkin hanya sekian saja dari perpustakaan pangan tersebut yang sempat terbaca oleh kita.

Sulawesi Selatan sebagai salah satu dari lemari-lemari produk di dalam perpustakaan pangan negeri ini. Terdiri dari keanekaragaman yang menjadi karakteristik tersendiri untuk Sulawesi Selatan. Dari berbagai kreatifitas penciptaan nilai tambah, transformasi dari death capital to life capital terhadap sumber daya pangan yang tersedia. Hal tersebut menunjukkan bahwa inovasi dari masyarakat Sulawesi Selatan yang tinggi untuk menyumbang dalam koleksi perpustakaan pangan Indonesia. Dalam tulisan ini beberapa kuliner khas saja dalam perpustakaan pangan Sulawesi Selatan yang sempat terbaca oleh penulis.

Coto Makassar, makanan khas yang telah menyebar di setiap penjuru Sulawesi Selatan, setiap kabupaten pasti akan tersedia sajian coto Makassar. Bahkan makanan ini telah menyebar sampai ke daerah lain di nusantara. Makanan ini terbuat dari bahan utama daging. Entah daging sapi, kerbau ataupun kuda ditambah racikan bumbu khas yang menambah nikmatnya sajian makanan populer Sulawesi Selatan ini. Tertarik? Coba sendiri biar deskripsi tulisan ini lebih detail lagi. Hehehe

Sop Konro, Pallu Basah, dan Pallu Ce’la juga merupakan koleksi kuliner Sulawesi Selatan yang sentrumnya di pusat provinsi Sulawesi Selatan, Makassar. Ketiga makanan tersebut mempunyai bentuk dan penyajian yang hampir sama dengan coto Makassar. Yang membedakannya adalah sop konro dari tulang iga sapi ataupun kerbau, Pallu Basah dengan kuah yang lezat dan Pallu ce’la dari ikan yang dimasak Asin.

Selain itu kita juga akan menemukan hidangan pisang epek dari bahan dasar pisang yang dibakar lalu ditekan hingga berbentuk pipih dan disiram dengan gula merah yang dikentalkan, terkadang pula ditambah dengan cokelat. Makanan serupa dari bahan dasar pisang yang menjadi makanan khas Sulawesi Selatan adalah Pallu Butung. Pallu Butung ini disajikan mirip dengan cara penyajian kolak pada umumnya.

Sulawesi Selatan pun terkenal dengan Roti. Lokus produksi makanan ini terdapat di Maros. Diversifikasi dan penyajian yang khas menambah nikmatnya Roti yang terkenal dengan nama Roma- Roti Maros. Selain itu, terdapat pula Dange, makanan khas yang terbuat dari bahan utama beras ketan hitam yang di bakar. Makanan ini ditemukan di warung pinggir-pinggir jalan Pangkep, Rute menuju Tana Toraja.

Ada juga Dangke, namanya hampir sama dengan Dange. Jenis makanan ini terbuat dari susu segar sapi yang selanjutnya digumpalkan. Hasil akhirnya menyerupai tekstur tahu. Dangke ini dapat dikonsumsi langsung ataupun diolah kembali. Akan tetapi lebih nikmatnya jika dikonsumsi langsung karena cita rasa susunya yang unik dan segar. Terdapat pula Baje Kotu, terbuat dari kacang tanah dan gula merah yang dibungkus dengan kulit jagung.

Sulawesi Selatan pun dikenal sebagai salah satu lumbung kopi di Indonesia bahkan Internasional. Tak asing bagi kita kingdom Plantae dari jenis Arabica typica, orang lebih mengetahui dengan sebutan Kopi Kalosi/Toraja. Sesuai dengan namanya bahan minuman yang mengandung kafein ini hanya ditemukan di Sulawesi Selatan tepatnya di Enrekang dan Tana Toraja. Menikmati nikmatnya kopi dengan pesona eksotisme Buttu Kabobong ataupun indah dan uniknya objek wisata Tana Toraja.

Di daerah ini juga kita bisa menikmati buah salak, dari berbagai jenis species seperti salak Golla-Golla (Golla-Golla:Gula) yang bermorfologi kecil tetapi mempunyai rasa Golla. Tersaji pula penganan khas daerah ini yakni Deppa Te’tekan (Deppa: Kue dan Te’tekan: Memukul). Nama yang sangat unik, karena mempunyai warna merah gelap maka pendatang menyebutnya kue merah. Kue ini hanya ditemukan di Sulawesi Selatan saja tepatnya di Enrekang dan memiliki penampilan berbentuk belah ketupat.

Irex, salah satu minuman khas Sulawesi Selatan. jenis minuman ini bisa didapatkan di Sinjai. Bahan dasarnya dari ubi kayu yang difermentasi. Dan terkadang minuman ini memabukkan jika dalam jumlah yang banyak karena kandungan ubi kayu yang mengalami proses fermentasi. Tetapi rasanya manis dan sungguh nikmat. Penasaran lagi? Silahkan pesan atau kunjungi langsung Sulawesi Selatan tepatnya di Sinjai.

Di Luwu kita akan menikmati Kapurung, juga merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu dan campuran sayur-sayuran serta ikan. Makanan ini hanya dapat ditemukan di Sulawesi Selatan. kandungan gizi yang terkandung dalam makanan ini hampir setara dengan makanan pokok Indonesia. Bahkan jenis makanan ini menjadi makanan pokok orang-orang tempo dulu. Budaya yang sangat bagus, melestarikan dan alternatif makanan substitusi nasi.

Diversifikasi pangan yang menjadi angin segar dalam problematika pangan dan menjadi pisau analisis dalam paradigma kedaulatan pangan kedepan. koleksi kebhinnekaan pangan tersebut dengan karakteristik yang khas dan menarik semakin menambah power kedaulatan pangan. Diversifikasi pangan untuk mengantisipasi krisis pangan yang menjadi trend problematika kehidupan sekarang.

Sungguh suatu karunia yang diberikan olehNya. Kita tinggal di sebuah pulau yang kaya akan diversifikasi pangan, Indonesia dan Sulawesi Selatan khususnya. Dengan koleksi yang banyak tersebut, semoga tidak hanya menjadi koleksi belaka dalam perpustakaan pangan kita. Tetapi dapat dibaca oleh kita semua sebagai kekayaan bangsa. Dan semoga dengan beberapa yang telah tersaji dalam tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, dan sukses untuk program Visit South Sulawesi 2012, dan tulisan ini sebagai bentuk partisipasi dalam lomba konten blog” Strategi Pengembangan dan Promosi Wisata Sulawesi Selatan. Salam Blogger!!!! jajajaja.


sumber gambar:
1. http://kitabmasakan.com
2.http://segelasjuspisang.wordpress.com
3. http://kulinerkita.multiply.com
4. http://www.enrekang.info


1 komentar:

  1. tukeran link yuk...

    asriadiawaluddin.blogspot.com

    sy orang sul-sel loh...

    BalasHapus

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...