Sabtu, 07 April 2012

Ragam Pesona Wisata Sulawesi Selatan; Upaya Mendorong Pengembangan dan Promosi Sulawesi Selatan

Sebuah negara kepulauan yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke, dengan jajaran pulau besar hingga terkecil. Indonesia, dengan potensi sumber daya alam yang melimpah. Berbagai budaya dan kearifan lokal yang khas menjadikan masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang kompleks dan beragam namun tetap satu dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia, Bhinneka Tunggal ika.

Sulawesi Selatan, salah satu provinsi yang terletak di pulau Sulawesi, sebuah pulau yang unik ̶ 12 tahun yang lalu guru IPS di SD, mengatakan jika mencari pulau yang kita diami dalam globe ataupun peta dunia cukup dengan mengingat huruf K, sebuah pulau yang sangat mudah di dapat karena mempunyai bentuk huruf alphabet ̶ dan lebih uniknya lagi adalah mempunyai karakteristik sosial dan budaya yang khas, memiliki karakteristik lansekap alam yang indah nan beragam dari pantai hingga pegunungan yang semua itu merupakan karunia yang harus dimanfaatkan untuk mewujudkan kesejahteraan yang direpresentasikan melalui kreatifitas penciptaan nilai tambah terhadap karakteristik sumber daya tersebut.

Jika di telusuri dari berbagai sudut pandang sejarah, budaya, alam, religi, dan kuliner. Sulawesi selatan mempunya diversifikasi pesona wisata yang mengagumkan. Pesona wisata sejarah dengan Benteng Rotterdam, sebuah benteng peninggalan Kerajaan Goa-Tallo yang dibangun oleh pasukan Ayam Jantan dari Timur, De Haan Van De Oosten. Benteng ini awalnya bernama Benteng Ujung Pandang. Namun, setelah penandatangan perjanjian Bongaya, namanya diubah menjadi Fort Rotterdam oleh Cornelis Speelman untuk mengenang kota kelahirannya, Rotterdam.

Benteng ini berdekatan pula dengan salah satu ikon bahari Sulawesi Selatan, anjungan Pantai Losari dan Tanjung Bunga serta Trans Studio. Wisata historik ini sementara dalam tahap renovasi. Ada yang mengatakan kalau lansekap bangunan benteng ini menyerupai seekor penyu yang merangkak kelaut. Selain itu, terdapat pula Benteng Somba Opu, Benteng yang juga merupakan salah satu peninggalan kerajaan Goa- Tallo.

Pantai Losari, merupakan pesona nan potensil untuk wisata Bahari di Sulawesi Selatan. Di objek ini, kita akan disuguhkan indahnya sunset di petang hari. Di pagi hari ramai dengan aktivitas olahraga, terutama pada hari libur. Dan dimalam hari terkadang dihibur dengan event seperti konser band ataupun penyanyi jalanan dengan petikan gitarnya. Di lokus pesona ini pula akan dibangun beberapa bangunan yang menghiasi center point of Indonesia, salah satunya masjid terapung yang sudah bisa difungsikan.Tak ketinggalan pula pesona Trans Studio melengkapi diversifikasi wisata Sulawesi selatan.

Tana Toraja sebagai ikon wisata budaya khas Sulawesi Selatan memiliki beragam pesona seperti bangunan kuburan batu di Londa, Ketekesu, permandian alam Makula, lansekap bangunan Tongkonan, upacara adat Rambu Solo dan beberapa tarian khasnya seperti Ma’badong. Yang pastinya bahwa objek wisata di daerah ini bisa dikatakan sepanjang jalur merupakan pesona yang indah. Dan setiap itu pula mata kita dihiasi dengan lansekap bangunan yang hanya ditemukan di Tana Toraja, Tongkonan.

Tak ketinggalan pula dengan lansekap alam yang unik menambah koleksi indahnya pesona wisata di Sulawesi Selatan. Gunung Nona, warga setempat menyebutnya Buttu Kabobong. Disebut demikian karena konon bentuk gunung tersebut menyerupai kelamin wanita. Pesona ini terletak di kabupaten Enrekang, dan menjadi pula ikon wisata di daerah ini. Lansekap alam ini terletak di jalur Makassar-Tana Toraja. Menjadi resting untuk melepas lelah sejenak untuk sampai di Tana Toraja.

Namun, ketika mabuknya akan pesona tersebut tak mampu terbendung ataupun rasa lelah karena perjalanan yang jauh, sekitar pesona alam Buttu Kabobong terdapat beberapa tempat penginapan seperti villa Bambapuang dan Panorama Indah dan beberapa warung yang menyajikan beragai menu khas Duri Kompleks seperti Baje Kotu ( makanan tradisional yang terbuat dari kacang dan gula merah), Dangke (susu segar yang berasal dari sapi ataupun kerbau yang difermentasi), Deppa Te’tekan dan buah Salak serta aroma kopi kalosi dari spesies Arabica typica- satu-satunya kopi yang hanya ditemukan di Indonesia. Tak ketinggalan pula Kebun Raya Enrekang dan sebuah daerah percontohan yang khas dimana di desa tersebut merupakan kawasan bebas asap rokok.

Wisata alam Sulawesi Selatan lainnya adalah keindahan Air Terjun Bantimurung. Wisata alam ini terletak di kabupaten Maros. Pesona ini mempunyai kekhasan yakni bentuk air terjunnya yang bertingkat dan lebar. Air yang jernih dan segar menambah keindahan objek wisata alam ini. Dan tatanan stalakmit dan stalaktit disekitar air terjun.

Kupu- kupu yang beragam yang menghiasi indahnya lansekap alam Air Terjun Bantimurung menambah indahnya objek wisata di daerah ini. Bahkan, dulu hewan yang bermorfologi sayap warna-warni yang indah bertebaran dimana-mana. Yang dengan ramah menyambut pengunjung dengan kepakan sayap indah. Akan tetapi, makhluk yang indah itu hanya sedikit yang tersisa. Hanya sedikit dari mereka yang menyambut kita. Padahal panorama disekitar air terjun ini juga merupakan habitat asli mereka. Sekiranya dengan prinsip ekologis yang tertanam dalam jiwa kita, kemungkinan makhluk makhluk tersebut masih manyambut kita. Semoga ini menjadi perhatian bagi kita semua yang cinta akan ekologi.

Tanjung Bira yang terletak di kabupaten Bulukumba menambah koleksi kekayaan alam sebagai potensi wisata Sulawesi Selatan. Pasir putih, simbol maritim Indonesia-Perahu Phinisi dan keindahan ombak kecil menambah indahnya pesona Tanjung Bira. Lokus wisata ini menjadi nilai tersendiri bagi Sulawesi Selatan karena di wilayah ini masih terdapat pelestarian pembuatan perahu phinisi, dan semoga tetap eksis kedepannya. Yang artinya karakteristik dan kearifan lokal tetap lestari.

Takabonerata, sebagai salah satu Taman Nasional. Sebagai lokus ekowisata andalan di Sulawesi selatan. Tepatnya di Kabupaten Selayar. Di Taman ini beberapa aktivitas umum wisata bahari tersedia. Seperti menyelam dan snorkeling menikmati koleksi flora dan fauna endemik peralihan weber-wallace. Eksotisme seperti itu bukan hanya terdapat di Taman Nasional Taka bonerate. Keelokan ekowisata ini dapat pula kita temukan di Pulau Kapoposang sebuah pulau yang terletak di Selat Makassar, Pangkep.

Negara kita, khususnya Sulawesi Selatan mempunyai potensi sumber daya alam, karakterisitik social budaya dan lansekap bangunan sejarah. Dan semua itu butuh perhatian dan tanggung jawab kita semua untuk melestarikannya. Dan sepertinya upaya untuk merepresentasikan hal tersebut telah diaktualisasikan salah satunya melalui program Visit South Sulawesi 2012. Semoga upaya-upaya lain yang kreatif dan inovatif kedepannya terus tumbuh dan mampu memikat kepada khalayak publik.

Strategi pengembangan dan promosi objek wisata Sulawesi Selatan yang kreatif. Bahkan berpartisipasi dalam event kompetisi konten blog ini adalah hal yang sangat bijaksana. Dan itu adalah salah satu wujud kita yang bangga, kagum dan cinta akan potensi wisata yang dimiliki untuk mendukung strategi pengembangan dan promosi wisata Sulawesi Selatan.

Mengutip sebuah kalimat yang sungguh indah bahwa kesejahteraan suatu bangsa bukan karena banyaknya sumber daya alam yang dimiliki tetapi kesejahteraan karena kreatifitas akan sumber daya alam yang dimiliki. Dari lahan kritis menjadi lahan subur. Dari tanah gersang menjadi agrowisata! Dan hal itu tergantung dari Sumber Daya Manusia.

Sebagai harapan akan strategi pengembangan dan ajang promosi wisata Sulawesi Selatan melalui Lomba Konten Blog ini dapat menambah informasi yang lebih spesifik lagi tentang beberapa pesona Sulawesi Selatan yang unik, alami dan pastinya menjadi kebanggaan kita semua. Bahwa pesona tersebut akan terjabarkan sampai ke dunia Internasional.
Salam blogger!

Sumber gambar:
1. http://www.panoramio.com
2. http://www.torajatreasures.com
3. Koleksi pribadi
4. http://www.enrekang.info
5. http://www.takabonerate.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gejala Kelebihan unsur hara tanaman (Toksisitas unsur hara tanaman)

Toksisitas adalah suatu keadaan yang menandakan adanya efek toksik/racun yang terdapat pada bahan sebagai sediaan single dose atau campuran...